Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

MARKETING ONLINE PEMBENTUK PASAR DI ERA DIGITAL

 



Marketing/ Pemasaran merupakan kegiatan yang dilakukan oleh khalayak dalam melakukan sebuah transaksi terhadap khayalak lainnya. Marketing atau pemasaran memiliki banyak varian seperti penjualan barang dan jasa tertentu yang diperdagangkan untuk memenuhi kebutuhan khalayak. Contoh kongkrit yang terjadi dalam realitas sekarang melakukan marketing untuk sekedar “hobi” untuk menambah income, ada juga yang sekedar “iseng” untuk eksistensi pribadi, ada juga yang melakukan marketing karena talenta yang dimiliki melalui jasa, serta ada yang benar-benar memenuhi kebutuhan hidup yang tiap saat semakin melambung tinggi. Hal itu memang benar dilakukan dan kegiatan itu harus dipenuhi dengan penuh tanggungjawab dan memahami kebutuhan khalayak luas. Sehingga marketing/ pemasaran itu dapat menjadi sebuah kegiatan yang cukup positif dan membanggakan khalayak lainnya.

Jika menoleh kebelakang mengenai Marketing/ pemasaran merupakan sebuah kegiatan yang terus-menerus dilakukan khayalak. Metodenya tentu berbeda dari metode pasar sekarang, metode yang dilakuan sebelum era millenial adalah jika penjualan barang harus dibawa ke pasar, dijajakan keliling melalui kendaraan, dipromosikan melalui talk by talk (mulut ke mulut), membuka lapak di pertokoan, mendirikan kios dan berbagai metode yang dilakukan oleh pelaku pasar. Jika marketing dengan jasa harus membuka lapak di pertokoan,  promosi melalui talk by talk , membuat poster dan beberapa metode dilakukan. Itu semata-mata untuk memberikan sebuah kepercayaan pada khalayak luas untuk mempercayakan produknya pada mereka, dan menjadi branding tersendiri bagi pelaku pasar dan didukung oleh transaksi antara pelaku market dengan khalayak. Melalui jembatan pemasaran terjadi simbiosis antara pelaku pasar dengan khalayak sehingga menumbuhkan trust (kepercayaan) yang terjadi diantara mereka.

Era millenial sekarang merupakan era kejayaan marketing terutama marketing berbasis jaringan (baca: pasar online). Kehadiran media baru adalah sebuah kekuatan sendiri bagi pemasaran berbasis online, karena media baru (New Media) memiliki akselerasi dan kecepatan dalam menyampaikan sebuah informasi sehingga hal itu yang dibutuhkan khalayak terutama pelaku pasar online. Metode yang digunakan adalah : memposting dalam media sosial baik yang dilakukan secara pribadi bahkan produk barang/ jasa dibuatkan media sosial tersendiri, mengupload ke media penyiaran dalam jaringan, melakukan promosi melalui iklan dalam stasiun TV/ Radio baik konvensional maupun siaran digital serta metode-metode yang bisa dijangkau oleh khalayak. Itu merupakan hal yang sangat wajar dan baik dilakukan asalkan mematuhi setiap kaidah bahkan etika yang berlaku. Marketing online juga tidak meninggalkan metode lama karena melalui metode lama kepercayaan semakin dibangun diantara pelaku pasar dengan khalayak.

Marketing online merupakan sebuah jalan untuk tetap konsisten memasarkan barang/ jasa yang ditawarkan kepada khalayak. Dengan metode yang begitu banyak serta transaksi dilakukan secara online yang dilakukan melalui transfer bahkan payment oleh beberapa platform digital membuat marketing online memiliki ciri tersendiri di mata khalayak sehingga memudahkan mereka untuk melakukan marketing online. Sehingga menumbuhkan trust (kepercayaan) antara pelaku pemasaran dengan khalayak, produk yang dipasarkan dan jasa yang ditawarkan menjadi eksis sehingga melalui marketing online mampu menumbuhkan ladang perekonomian yang baru, serta membuat khalayak tidak perlu untuk melakukan transaksi jual-beli yang ribet dan menyita waktu.

Penulis: Ben Azel Salu, S.I.Kom (Pegiat sosial media, Warga Toraja)

Post a Comment for "MARKETING ONLINE PEMBENTUK PASAR DI ERA DIGITAL"