Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Peduli, PPGT Jemaat Elim Baebunta Lakukan Aksi Penggalangan Dana Untuk Korban Bencana Di Sulbar, Majene-Mamuju

 

SALASSA-PPGT Jemaat Elim Baebunta melakukan aksi penggalangan dana untuk korban bencana di Sulawesi Barat (sulbar), Majene-Mamuju. Gempa bumi berkekuatan 6,2 SR baru-baru ini melanda Provinsi Sulawesi Barat tepatnya di Kabupaten Majene dan Mamuju, Jumat (15/01/2021). Bencana ini, betul-betul mendapat perhatian dari sejumlah elemen yang ada di Indonesia.

Menurut informasi yang kami peroleh, jumlah korban Sebanyak 657 orang di Kab Maje’ne. terdapat 12 orang luka berat, 200 orang luka sedang dan 425 orang luka ringan. Sedangkan di Kabupaten Mamuju terdapat 189 orang dirawat inap dalam kondisi luka berat dan 15 ribu warga lainnya yang terdampak, mengungsi.

Ada  11 titik pengungsian terbesar di kabupaten maje’ne di antaranya, Desa Kota tinggi, Desa Lombong, Desa Kayu angin, Desa Patebean, Desa Deking, Desa Mekate, Desa Kabiraa, Desa Lakkading, Desa Lambang, Desa Limbu, di Kac. Ulumanda, Kec. Malunda dan Kec. Sendanga dan di Kabupaten Mamuju  terdapat 5 titik pengungsian  yang terbagi di Kecamatan Mamuju dan Kecamatan Simboro.

Untuk itu, sejumlah pemuda yang tergabung dalam Persekutuan Pemuda Gereja Toraja (PPGT) di Jemaat Elim Baebunta Klasis Rongkong-Sabbang melakukan gerak cepat tanggap bencana. Kordinator Lapangan (korlap) Nugie mengatakan bahwa,

“kegiatan ini merupakan wujud nyata dari prinsip hidup sebagai pemuda yang menjadi Kader Siap Utus dalam dunia ini. Membantu saudara-saudara kita yang terdampak bencana di Sulawesi Barat merupakan suatu kerinduan bagi kami, PPGT Jemaat Elim Baebunta Klasis Rongkong-Sabbang,” ujar Nugie.

Korlap sekaligus ketua PPGT Jemaat Elim itu menambahkan, kami bekerjasama dengan Majelis Gereja Jemaat Elim Baebunta untuk sama-sama memulai gerak cepat tanggap bencana ini.

“adapun langkah awal yang kami lakukan dalam aksi ini ialah, pertama-tama kami mendirikan sebuah posko yang letaknya di halaman Gereja Jemaat Elim Baebunta, lalu kami membuat pamflet yang bertuliskan peduli bencana sulbar, Majene-Mamuju. Setelah itu kami dibantu oleh Majelis Gereja untuk mengumumkan kepada warga jemaat perihal aksi yang kami lakukan ini. Dan Puji Tuhan minggu 17 Januari 2021 bantuan dari warga jemaat sudah mulai mengisi Posko yang kami buat. Kami sangat bersyukur dan berterima kasih kepada seluruh warga Jemaat Elim yang sudah mau berkontribusi dalam kegiatan kemanusiaan ini. Harapan kami, semoga semua bantuan yang masuk bisa bermanfaat bagi saudara-saudara kita yang terdampak gempa di sulbar. Kami juga mengucapkan turut berdukacita untuk setiap orang yang mengalami kehilangan keluarga tercinta di sulbar sana, Tuhanlah sumber penghiburan bagi kita semua,”  ucap Nugie.

 

Penulis : Dhesem Chistian Kadang

Salassa Opini
Salassa Opini rifky kristiawan

Post a Comment for " Peduli, PPGT Jemaat Elim Baebunta Lakukan Aksi Penggalangan Dana Untuk Korban Bencana Di Sulbar, Majene-Mamuju"